Home / NEWS / Puluhan Warga Serbu Pengadilan Negeri Kandangan

Puluhan Warga Serbu Pengadilan Negeri Kandangan

Suasana sidang kasus pembunuhan terhadap salah satu warga Kelurahan Kandangan barat Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Kandangan Kelas I B rabu ( 08 / 11 ) mulai memanas. Keluarga korban tidak terima dengan vonis yang dijatuhkan kepada terdakwa.
Pihak keluarga korban mulai betingkah emosional dan merusak ruang sidang. Dengan sigap aparat yang melalukan pengamanan kemudian mengevakuasi terdakwa dan masjelis hakim keruang evakuasi. Massa yang berkumpul diluar Pengadilan mulai berbuat rusuh. Mendapatkan informasi tersebut Kabag Ops Polres HSS Kompol Heri Munanto kemudian memerintahkan Ka SPKT dan Kasat Sabhara untuk menurunkan Pleton Dalmas ke TKP.


Sesampainya di TKP pleton dalmas pun disiagakan untuk mengahdapi massa. Negosiasi demi negosiasi pun dilaksanakan dengan pihak keluarga korban. Akan tetapi tidak menemui jalan temu. Massa yang mulai anarkis terpaksa dipukul mundur dari pengadilan. Dua orang provokator massa berhasil diamankan. Suasana mulai kondusif dan massa pun membubarkan diri.
Diatas merupakan skenario simulasi Standar Operasional Prosedur Pengamanan Sidang yang dilaksanakan oleh Polres HSS rabu ( 08 / 11 ) pagi. Hal tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan personil dan melatih kesiapan personil bila terjadi hal yang tidak diinginkan. “ Kegiatan seperti ini kami laksanakan untuk melatih kesiapan personil, karena kejadian seperti ini bisa terjadi kapan saja. “ tutur Kapolres Hulu Sungai Selatan AKBP Rahmat Budi Handoko, SIK.
Penulis : Johan

Jika Berkenan Mohon Bagikan Berita Kami :Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About polreshss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PENYAMBUTAN KAPOLRES HSS

Penyambutan Kapolres HSS AKBP DEDY EKA JAYA H, S.I.K, MH beserta Ketua ...