MONITORING POLRES HSS TERKAIT ISU VIRUS CORONA SERTA PENGECEKAN  HARGA DAN SETOK SEMBAKO DI WILAYAH KAB HSS.

Pada hari Selasa tanggal 03 Maret 2020 telah dilaksanakan monitoring dan pulbaket terkait isu Virus Corona dengan beberapa sasaran antara lain :
a  Dinas Kesehatan Kab. Hulu Sungai Selatan
b. Para pedagang sembako di Pasar Los Batu Kandangan
c. Apotik-apotik di Kab. Hulu Sungai Selatan

Hasil monitoring di Dinas Kesehatan Kab. Hulu Sungai Selatan diperoleh keterangan :

a. Bahwa sampai saat ini tidak ada warga di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang terkena virus corona (COVid-19).
b. Terkait corona virus, tindakan atau langkah-langkah yang diambil Dinas Kesehatan kab. HSS yakni melaksanakan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon atau SKDR yg aktif ke unit pelayanan kesehatan terdepan (Puskesmas & RS), yang apabila menemukan orang yg baru melakukan bepergian ke negara lain atau daerah tertular Virus Corona harus dipantau perkembangan kesehatannya, terutama yg memiliki gejala mirip corona virus.
c. Terkait kosongnya stok masker di apotek Dinas Kesehatan Kab. Hulu Sungai Selatan belum ada rencana untuk membagikan masker kepada masyarakat. Dinkes lebih kepada penekanan kepada masyarakat untuk selalu melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Hasil monitoring dan pulbaket dengan beberapa pedagang sembako di Pasar Los Batu Kandangan :

a. Bahwa sampai saat ini daya beli masyarakat masih seperti biasa tidak ada peningkatan yang signifikan.
b. Untuk harga sembako ada beberapa yang belum stabil seperti bawang putih masih dikisaran harga Rp.45.000/kg dan gula pasir kembali mengalami kenaikan mencapai harga Rp.17.000/kg (naik Rp.2000 dari seminggu sebelumnya).
c. Bahwa stok gula pasir di daerah Jawa menipis sehingga droping ke Kalimantan berkurang dan harga gula pasir di tingkat distributor mengalami kenaikan, akhirnya pedagang terpaksa menaikan harga jual kepada konsumen.

Hasil monitoring terhadap beberapa Apotik besar di Kab. Hulu Sungai Selatan bahwa stock habis/kosong, dan belum ada rencana untuk menyediakan lagi karena saat ini harga belinya sudah mahal, sehingga susah untuk menjualnya lagi. Sedangkan Apotik Kimia Farma Kandangan yang juga kosong karena belum dapat distribusi dari Kimia Farma Banjarmasin.

Kapoores HSS AKBP DEDY EKA JAYA H, SIK, MH melalui Kabagops Polres HSS menuturkan hasil monitoring dan Pulbaket sementara di wilayah Kab. HSS belum ada kepanikan yang berlebihan dari masyarakatnya terkait dengan wabah virus corona, dan harga sembako sebagian ada kenaikan harga adapun setok sembako aman.

Hunas Polres HSS

Jika Berkenan Mohon Bagikan Berita Kami :Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *