Tribrata News Polres HSS – Polres Hulu Sungai Selatan menggelar apel kesiapsiagaan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berlangsung di Lapangan Lambung Mangkurat, Senin, (15/03/2021).

Apel kesiapsiagaan dipimpin oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP dihadiri Dan unsur Forkopimda, para Danramil, Kapolsek dan Camat.

Dalam amanatnya, Bupati Hulu Sungai Selatan mengatakan, penguatan pencegahan dan penegakan hukum sebagai upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo pada tanggal 28 februari 2020 telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2020 tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Sebut Bupati.

Menurutnya, pelaksanaan apel ini dimaksudkan sebagai tindak lanjut dari Inpres tersebut dalam upaya pencegahan dini dalam mengantisipasi karhutla sekaligus untuk mempermudah koordinasi antar isntansi dan lembaga hingga bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dapat dicegah dengan baik, dan juga dimaksudkan untuk menghimpun kekuatan yang ada dibawah satu komando dengan melibatkan isntansi Pemerintah, swasta, dan relawan serta masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

“Mari bersama sama bersatu, bersinergi dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang ada. Mulai dari tingkat Kecamatan termasuk Camat, Danramil, Kapolsek, Babinsa dan Babinkamtibmas, serta tokoh masyarakat untuk melaklukan patroli secara rutin ke daerah-daerah yang rawan akan karhutla, serta perlu adanya penyampaian informasi yang cepat dalam menanggapi karhutla sekeci̇l apapun guna mencegah kebakaran hutan dan lahan semakin besar.” Tegas Bupati.

Mengakhiri sambutanya, Bupati Hulu Sungai Selatan menyebutkan selain penanganan langkah langkah penaggulangan karhutla perlu dilakukan evaluasi dan invetarisasi seluruh kekuatan personil serta melakukan pengecekkan dan mempersiapakan kembali seluruh sarana dan prasarana pendukung yang ada baik sarana mobilisasi maupun sarana operasi seperti mesin-mesin dan perlengkapannya serta menginvetarisasi sumber air yang ada, sebelum mengakhiri sambutan saya ini mengharapkan kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan tidak hanya pada apel kesiapan gelar pasukan ini.

“Tujuan kita bukan penanggulangan karhutla, akan tetapi pencegahan, sehingga kebakaran hutan dan lahan di Hulu Sungai Selatan bisa diantisipasi sedini mungkin.” Pungkas Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP.

Jika Berkenan Mohon Bagikan Berita Kami :Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *